popular entri

Selasa, 05 Februari 2013

TUGAS PRAKTEK TIK (8/9)

NAMA ; TRI ALGA AGUNG
KELAS ; 9-B
TEMA ; EKONOMI



Target Pertumbuhan Ekonomi Tak Tercapai, Ini Alasan BPS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menuturkan, pencapaian pertumbuhan ekonomi 2012 masih dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global yang masih belum stabil. Juga faktor dari dalam negeri yang juga cukup berpengaruh tehadap rendahnya PDB 2012 karena rendahnya komponen pengeluaran pemerintah.?

?"Krisis global ini memang masih terjadi yang ditunjukkan kita masih defisit neraca perdagangan. Pengeluaran konsumsi pemerintah ada penurunan karena terjadi efisiensi pengeluaran belanja barang, moratorium pegawai, sehingga pengeluaran untuk belanja pegawai tidak terjadi peningkatan tinggi," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin dalam konferensi persnya, di kantor BPS, Jakarta, Selasa (5/1/2013).

Suryamin juga menambahkan, konsumsi pemerintah 2012 hanya sebesar 1,25 persen, ditambah lagi dengan komponen ekspor yang ikut menurun dibanding tahun sebelumnya atau hanya tumbuh 2,01 persen, sementara komponen impor tumbuh 6,65 persen.

?"Penyumbang terbesar itu penggunaan dari konsumsi rumah tangga yang tumbuh hingga 5,28 persen, dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) sebesar 9,81 persen serta perubahan inventori 1,79 persen. Jadi pertumbuhan ekonomi masih terus didominasi dari konsumsi rumah tangga dan PMTB," tuturnya.

Pertumbuhan  terjadi pada semua sektor ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi di sektor pengangkutan dan komunikasi mencapai 9,98 persen dan terendah dari sektor pertambangan serta penggalian sebesar 1,49 persen. Sementara itu PDB nomigas tumbuh 6,81 persen.

?"Sektor ekonomi itu penyumbang tertinggi yatu di industri pengolahan, konstruksi, serta perdagangan, hotel dan restoran, juga pengangkutan dan komunikasi," jelasnya.

SUMBER ; OKEZONE.COM